Posts

Showing posts from September, 2015

Ketika Pasangan Berperilaku Buruk

Image
Merasa sebal dengan kebiasaan pasangan yang kurang baik? Semua orang pasti merasakannya. Pasangan suami istri tidaklah lagi seperti anak ABG yang baru mulai pacaran. Semua serba wangi. Serba baik. Serba manis. 

Kita bangun tidur melihat  pasangan. Sedangkan pasangan kita belum mandi, masih bau iler,  rambut awut-awutan, ataupun lainnya.

Yah, tentu saja tidak sama dengan jalan panjang pacaran yang tanpa arah. Sebab pernikahan memang ibadah. Perlu banyak ilmu untuk memantapkan kualitas pernikahan yang sedang kita jalani menjadi jauh lebih baik lagi. 

Ketika Cinta Tak Berbalas

Image
Sudah beberapa hari ini Liya (26 tahun) merasa hidupnya kacau. Makan tak enak. Tidur pun tak nyenyak. Begitupun saat di kampus. Rasanya seperti berjalan melayang di udara. Sementara hati terasa perih terkoyak-koyak.

Rekan-rekan sekelas S2-nya melihatnya dengan tatapan aneh. Cuma hanya sekilas saja. Maklum, kebanyakan adalah pegawai ataupun mahasiswa dengan pemberian beasiswa bersyarat. Jadi, tak sempatlah mengurus kabar teman seangkatan.

Langkah Elegan untuk Mengatakan Putus Pada Pacaran

Image
Lagi pusing mikirin hubungan haram yang nggak ada juntrungannya? Hehe. Tenang, memang demikian kok kalau hubungan didasari oleh syahwat dan nafsu bawaannya sumpek, Ladies.

Beneran dah. Kalau hubungan itu suci dilandasi karena ikatan pernikahan dan rasa cinta pada syariat Allah, insya Allah benar-benar berkah tiada tara.



Lalu gimana dong kalau terlanjur cinta? Yaelah, apaan sih si cinta ini, Ladies? Cinta rasa cokelat atau rasa bakso? Hihihi. Sejatinya ketertarikan pada lawan jenis sih boleh saja ya, Ladies. Namun, tetap semua itu harus dibingkai dalam aturan-aturan Allah.

Ingin Bercerai Karena Tidak Lagi Mencintai

Image
Tersebutlah, di sebuah daerah yang hijau dengan sawah menghampar, dan masih tampak asri. Tidak terlalu bising karena jauh dari kota terdekat. Masih banyak ibu-ibu berjalan sekian meter untuk mencuci di sungai yang airnya masih jernih. Di daerah inilah kisah itu bermula. 
Kisah-Kisah Pahit Pernikahan Seorang pegawai mapan, dan berusia matang menikahi gadis desa sederhana lulusan pesantren setempat. Setelah semingguan menikah. Sang gadis yang tampaknya pingsan di hari pernikahannya. Berkali-kali pingsannya. Mengajukan kata-kata yang mengejutkan sang suami, "Kak, aku sudah tidak cinta lagi sama Kakak. Aku ingin cerai." 
Si suami mendengarnya, dengan wajah jenaka. Oh, mungkin si  istri yang masih berusia belasan tahun ini sekedar bercanda. Ia memaklumi itu. Toh, memang ini risikonya menikahi gadis bau kencur lulusan sekolah menengah yang juga memiliki pesantren. 
Namun, ternyata minggu-minggu berikutnya semakin berat saja. Keluarga si gadis ini bukannya malah menyelesaikan masalah, …

Adakah Hari Baik Menikah Menurut Islam?

Image
Pernah nggak sih kamu diminta untuk mencari ‘hari baik’ saat hendak memutuskan sesuatu yang penting? Hal ini juga terkadang berlaku saat seseorang memutuskan untuk menikah.

Sang calon mertua juga orang tua meminta kita untuk mencari hari baik. Nah, sebenarnya ada nggak sih hari baik menikah menurut Islam?

Ketika Badai Menghantam Pernikahan

Image
Siapa pun tidak ingin rumah tangganya berantakan, sebab itulah Islam sangat menganjurkan agar kita berjuang untuk mempertahankan pernikahan. Walaupun kita tahu, bahwa pernikahan dan masalah rumah tangga adalah dua sisi yang tidak terpisahkan.

Tidak ada keluarga yang bebas ujian, itulah alasan setiap pasangan harus bisa melewati ujian demi ujian dari Allah.


Empat Cara Halus Menolak Cinta Lelaki

Image
Wah, judulnya bikin galau banget yak? Hehe. Yup, siapapun kamu, mungkin pernah merasakan bagaimana dicintai oleh lelaki. Baik itu masih sekolah, lagi ngampus, atapun sudah masuk dunia kerja. Asalkan masih available plus single godaan seperti ini biasanya acap datang ya, Ladies. Saya pun dulu begitu. *benerin poni. 

Tujuh Cara Buat Suami Jatuh Cinta Lagi

Image
Merasa bosan dengan interaksi yang itu-itu saja? Atau suami cuek belakangan ini. Anda bisa lho membuatnya jatuh hati lagi. Trik sederhana ini sangat menarik, karena mudah dilakukan dan minim biaya. Ayo, dong ladies. Lakukan sesuatu yang mengejutkan di weekend kali ini ya.

Kiat Cerdas Mengatasi Kenaikan Harga

Image
Pusing karena harga-harga melambung tinggi? Ya, saya juga begitu. Tadi, saat berbelanja kebutuhan khas emak-emak di warung sebelah. Sang penjual ngomong, “Mbak, pada naek semua. Sepi jualan. Sepi pembeli nih.”



Yuk, Merancang Gaun Pengantin Muslimah Syar’i!

Image
Setelah menyiapkan ini dan itu untuk keperluan persiapan pernikahan, kamu mungkin kebingungan menyiapkan gaun pengantin muslimah syar’i. Biasanya di acara yang dihadiri banyak orang, keluarga berkumpul, selalu saja ada hambatan untuk tetap berperilaku syar’I sesuai dengan keinginan kita. 

13 Alasan Kenapa Perempuan Ingin Cepat Menikah

Image
Ada banyak alasan yang membuat seorang perempuan memutuskan untuk menikah. Terkadang, hal ini tidak dimaklumi oleh kaum Adam. Atau bahkan tak mau tahu? Hehe. Tentu, saja cara berpikir laki-laki dan perempuan berbeda dalam memandang masalah pernikahan. Tapi, mengintip bagaimana perasaan perempuan tentang pernikahan tidak ada salahnya bukan?



Apakah Engkau Sedang Cemburu?

Image
Seorang suami pernah merusak wajah sang istri dengan air keras gara-gara cemburu. Di lain waktu, seorang istri pernah mencelakakan suami karena cemburu. Luar biasa energi cemburu jika dilampiaskan sedemikian rupa. Hal yang tidak masuk akal pun ternyata bisa menjadi kenyataan. Kebanyakan memang cemburu buta. Sehingga hal-hal yang mencelakakan justru dilakukan pada orang terkasih.

Bagaimana dengan kita? Saya mungkin juga memiliki energi yang besar. Pernah pula cemburu pada pasangan. Sebab, sebenarnya cemburu merupakan tanda sayang. Seperti halnya Aisyah ra. yang pernah memecahkan piring Rasulullah Saw. karena cemburu terhadap istri yang lain.



Cemburu boleh saja, namun jika cemburu berlebihan sampai-sampai menguntit pasangan kemanapun dia pergi, atau menyeleksi setiap pesan yang masuk pada ponselnya, apakah masih wajar?

Checklist dan Tips Persiapan Pernikahan Sederhana dan Islami

Image
Detik-detik menjelang hari yang dinantikan memang mendebarkan. Utamanya buat kamu yang baru saja dipinang atau meminang gadis pujaan. Terbayang tidak ruwetnya nanti bagaimana? Nah bagaimana kalau kita membuat checklist dan tips persiapan pernikahan sederhana dan islami?
Dulu, saya pun merasakan hal yang sama. Apalagi, saat itu ibunda saya sudah tiada. Jadilah saya berbelanja segala hal dengan bantuan ayah, kakak, adik, dan tante. Mulai dari memesan undangan, memilih gaun, dan menentukan konsep pernikahan. Dengan izin Allah malah diberi kado undangan oleh seorang teman yang memiliki percetakan.
Nah, jika ingin hari bahagiamu lebih terencana dengan baik. Kenapa tidak membuat wedding list planner? Membuat sebuah catatan runtut yang bisa disegera dilaksanakan. 
Jika saat ini kamu punya 3 bulan saja untuk menyiapkan hari H.

Apa saja yang akan kamu persiapkan? Berikut ini beberapa list yang bisa membantumu menyiapkan hari istimewa itu.
Tiga Bulan Sebelum Hari Pernikahan
Menentukan tanggal perni…

3 Alasan Kenapa Lelaki Enggan Menikah

Image
Beberapa dekade lalu, mungkin kita menemukan generasi yang lebih cepat untuk menyambut kehidupan baru dengan menyegerakan pernikahan. Sebentuk kesungguhan dan dibalut perjuangan telah cukup mendorong para lelaki ini untuk segera mempersunting bidadari pilihannya. Lewat orang tua, secara langsung, ataupun melalui teman sendiri. Pernikahan demi pernikahan berlangsung begitu mudah dan cepat. 

Pernikahan Dini atau Menikah Nanti: Kamu Pilih yang Mana?

Image
Selepas Dhuhur, saya yang seperti biasa beraktivitas full time di rumah, sedang menunggu anak-anak pulang sekolah. Saya melihat bayangan siswi sekolah tempat mengajar dahulu. Aih, ternyata rindu juga berada di dalam kelas, hehe. Sembari menuntun sepedanya, siswi ini kemudian bersalaman dengan saya, lalu ia memberikan undangan bersampul hijau. 


Sebutlah Namanya dengan Cinta

Image
Saya selalu kagum dengan pasangan yang saling tidak menjelekkan. Bahkan jika misalnya Allah mentakdirkan mereka berpisah. Pun demikian saat masih terikat dalam status suami ataupun istri. Sang suami dan istri saling berkata makruf (baik). Tidak ada niat saling membuka aib. Bahkan kemudian ketika mereka berpisah. Mereka berpisah baik-baik.


Berbeda sekali dengan yang kita temukan di media visual ataupun cetak. Pasangan selebritis saling menjatuhkan saat sidang perceraian, bahkan terkesan ‘diadu domba’ oleh pihak penggosip. Digosok semakin sip. Acara ghibah massal yang tidak kunjung dicekal oleh KPI ini pun ratingnya semakin meninggi. Hehe.

Caci maki, hujatan, sebutan yang buruk, seperti hal biasa. Padahal jelas hal ini sebenarnya tidaklah elok untuk dikatakan pada pasangan kita. Jika kita tidak ingin disebut dengan panggilan yang buruk, kenapa harus memanggil dengan sebutan yang tidak pantas?

Panggil Namanya dengan Cinta
Adalah Aisyah ra. marah-marah karena menemukan bejana berisi makanan y…

Kedahsyatan Air Putih

Image
Pernah merasa sedikit keracunan karena salah makan? Ini baru kemarin dirasakan oleh suami saya. Baru saja datang dari luar kota, dan menyantap menu pecel ikan patin di sebuah tempat kuliner, langsung keesokan harinya mulas-mulas, diare hebat, pusing dan mual. *Saya curiga sambalnya memang tidak sehat.


Panik? Iya tentu saja, saya panik. Tapi, beruntung dan bersyukur saya pernah menulis buku tentang Terapi Air Putih untuk kesehatan. Bukan apa-apa sih, cuma jadi sedikit tahu bagaimana pentingnya proses hidrasi untuk tubuh.

Rambu-Rambu Ta’aruf yang Harus Diketahui Saat Kamu Mencari Jodoh

Image
Sedang galau karena putus cinta? Oh, betapa menyedihkan jika itu terjadi. Namun sebagai jomblo berkualitas, kamu tentu tidak mau bukan berlarut dalam kesedihan yang panjang. Lagipula, ikhtiar mencari jodoh kan tidak lewat pacaran (seharusnya)?

Tangguh dan Kuat Menjadi Single Mom

Image
Tidak ada seorang pun di dunia ini menginginkan pernikahannya berakhir dengan perceraian, dan menyandang status sebagai single mom. Namun, terkadang takdir berkata lain.
Pernikahan yang sejatinya digadang-gadang sehidup-semati malah kandas di tengah jalan. Jika demikian apa yang harus dilakukan?



5 Hal Ini Bisa Membuat Pernikahan Anda Harmonis dan Langgeng

Image
Siapa yang tidak ingin pernikahannya menjadi langgeng? Mesra bersama suami atau istri, dan anak-anak. Namun rumah tangga tidaklah selalu dijauhi oleh masalah. Dan terkadang mungkin tidak semudah yang kita bayangkan. 
Acapkali kita banyak menemukan masalah-masalah di tengah jalan. Namun bukan berarti kemesraan, dan sakinah sulit untuk dicapai. Ada beberapa kiat untuk menjaga agar rumah tangga kita menjadi sakinah mawaddah wa warahmah.