Skip to main content

Mojok dengan Para Santri Penulis di #MadrasahLiterasi MA Darut Taqwa Pasuruan

 

Hal yang paling saya rindukan adalah santri-santri yang gemar menulis. Sebab, kebanyakan berpotensi. Mulai dari novel-novel cetar membahana melanglang buana ala Kang Abik dengan Ayat-Ayat Cinta yang pernah booming di awal tahun 2000-an lalu, hingga penceritaan detil dan runtut khas jurnalis oleh A. Fuadi dalam Tiga Menara. 

Novel-novel tersebut adalah sedikit dari karya-karya fiksi yang mampu mendobrak sastra yang cenderung monoton dengan karya-karya sebelumnya. Fiksi ini biasa disebut sebagai fiksi islami. Dikemas dengan penceritaan indah khas nilai-nilai keislaman. 

Ternyata, fiksi islami mampu menjadi salah satu pilihan penulisan untuk para penulis fiksi. Apalagi jika santri yang menulis. Tentu saja lebih baik, karena pengetahuan agama jelas berbeda dengan penulis fiksi lainnya. Belum lagi pengalaman sebagai santri, berkutat dengan lingkungan pondok, kitab-kitab kuning, wejangan-wejangan kyai, ragam aturan dan disiplin yang harus dipatuhi. Dan banyak hal lainnya, yang tentu saja hanya bisa dirasakan oleh seorang santri. 

Insya Allah, besok saya berkesempatan untuk berbagi dan berdiskusi dengan santri-santri penulis di #madrasahliterasi MA Darut Taqwa Pasuruan. Rasaya tak sabar merasakan atmosfer kepenulisan, di pondok dan madrasah yang mencintai dunia literasi. Dunia para pejuang sejati, yang berjuang membawa harum keindahan nilai islami dalam rangkaian cerita fiksi. 

Salam Literasi!

Comments

Popular posts from this blog

25 Doa dan Dzikir Pagi Lengkap Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, Arab, Latin, dan Terjemahnya

Bagi setiap Muslim, doa dan dzikir merupakan ibadah yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Memohon penjagaan dan perlindungan Allah Taala adalah suatu keharusan. Sebab, manusia adalah makhluk yang lemah. Memohon perlindungan dan ampunan dengan menguji kebesaran Allah bisa dilakukan setiap saat. Seperti mengawali pagi dan memasuki petang dengan selalu berdzikir pada Allah Taala.  Doa dan dzikir pagi sebagai jembatan menuju ridha Allah.

Checklist dan Tips Persiapan Pernikahan Sederhana dan Islami

Sederhana dan islami malah mengena di hati kan? Detik-detik menjelang hari yang dinantikan memang mendebarkan. Utamanya buat kamu yang baru saja dipinang atau meminang gadis pujaan. Terbayang tidak ruwetnya nanti bagaimana? Nah bagaimana kalau kita membuat checklist dan tips persiapan pernikahan sederhana dan islami? Dulu, saya pun merasakan hal yang sama. Apalagi, saat itu ibunda saya sudah tiada. Jadilah saya berbelanja segala hal dengan bantuan ayah, kakak, adik, dan tante. Mulai dari memesan undangan, memilih gaun, dan menentukan konsep pernikahan. Dengan izin Allah malah diberi kado undangan oleh seorang teman yang memiliki percetakan. Nah, jika ingin hari bahagiamu lebih terencana dengan baik. Kenapa tidak membuat wedding list planner? Membuat sebuah catatan runtut yang bisa disegera dilaksanakan.  Jika saat ini kamu punya 3 bulan saja untuk menyiapkan hari H. Apa saja yang akan kamu persiapkan? Berikut ini beberapa list yang bisa membantumu menyiapkan hari istimewa

Malam Pertama Lara

Lara Lembayung berjingkat pelan turun dari tempat tidur. Kakinya yang jenjang menapak dengan hati-hati di atas lantai parket. Suara derit kayu pelan terdengar. Lara meringis.  Ia menoleh ke samping. Lelaki itu masih terlelap. Matanya masih rapat terpejam. Dadanya yang telanjang naik turun dengan napas teratur.  Lara berhenti sejenak. Ia menatap lelaki itu dengan cermat. Seolah tak ingin kehilangan pesonanya. Lagi pula, siapa yang tidak terpikat? Cahaya samar kekuningan dari lampu tidur di sisi ranjang memperjelas setiap detil wajahnya. Rahang tegas, dengan hidung kukuh serta bibir tipis yang menggoda.