Skip to main content

Mojok dengan Para Santri Penulis di #MadrasahLiterasi MA Darut Taqwa Pasuruan

 

Hal yang paling saya rindukan adalah santri-santri yang gemar menulis. Sebab, kebanyakan berpotensi. Mulai dari novel-novel cetar membahana melanglang buana ala Kang Abik dengan Ayat-Ayat Cinta yang pernah booming di awal tahun 2000-an lalu, hingga penceritaan detil dan runtut khas jurnalis oleh A. Fuadi dalam Tiga Menara. 

Novel-novel tersebut adalah sedikit dari karya-karya fiksi yang mampu mendobrak sastra yang cenderung monoton dengan karya-karya sebelumnya. Fiksi ini biasa disebut sebagai fiksi islami. Dikemas dengan penceritaan indah khas nilai-nilai keislaman. 

Ternyata, fiksi islami mampu menjadi salah satu pilihan penulisan untuk para penulis fiksi. Apalagi jika santri yang menulis. Tentu saja lebih baik, karena pengetahuan agama jelas berbeda dengan penulis fiksi lainnya. Belum lagi pengalaman sebagai santri, berkutat dengan lingkungan pondok, kitab-kitab kuning, wejangan-wejangan kyai, ragam aturan dan disiplin yang harus dipatuhi. Dan banyak hal lainnya, yang tentu saja hanya bisa dirasakan oleh seorang santri. 

Insya Allah, besok saya berkesempatan untuk berbagi dan berdiskusi dengan santri-santri penulis di #madrasahliterasi MA Darut Taqwa Pasuruan. Rasaya tak sabar merasakan atmosfer kepenulisan, di pondok dan madrasah yang mencintai dunia literasi. Dunia para pejuang sejati, yang berjuang membawa harum keindahan nilai islami dalam rangkaian cerita fiksi. 

Salam Literasi!

Comments

Popular posts from this blog

Doa agar Pintar dalam Belajar dan Kuat Menghafal

I slam menganjurkan penganutnya untuk belajar sepanjang hayat. Selama hayat masih dikandung badan. Muslim yang pandai, cakap, dan mengetahui urusan agama dan dunianya lebih utama. Sebab itulah, doa pintar dalam belaja haruslah senantiasa kita mohonkan kepada Allah Subhanahu wa Taala . Tentunya haruslah lebih banyak belajar dan mengkaji ilmu-ilmu agama dan dunia.  Doa membuka segala kemungkinan.

25 Doa dan Dzikir Pagi Lengkap Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, Arab, Latin, dan Terjemahnya

Bagi setiap Muslim, doa dan dzikir merupakan ibadah yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Memohon penjagaan dan perlindungan Allah Taala adalah suatu keharusan. Sebab, manusia adalah makhluk yang lemah. Memohon perlindungan dan ampunan dengan menguji kebesaran Allah bisa dilakukan setiap saat. Seperti mengawali pagi dan memasuki petang dengan selalu berdzikir pada Allah Taala.  Doa dan dzikir pagi sebagai jembatan menuju ridha Allah.

Doa agar Anak Cerdas Otaknya dan Menjadi Pemimpin Orang-Orang Beriman

Banyak orang tua berharap dan melafalkan doa agar anak cerdas otaknya. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan manusiawi. Sebab, anak yang cerdas tentu saja bisa berpikir dengan baik dan memilih mana jalan yang benar bagi kehidupannya. Selain itu, anak-anak yang cerdas tentu saja bisa memahami keagungan Allah dan memperdalam tauhid.  Berdoalah tanpa kenal lelah.