Dzikir Ketika Ihram Sesuai Sunnah Rasulullah Shalallallahu Alaihi wa Sallam


Ihram merupakan salah satu rukun haji yang harus ditunaikan. Di dalam bahasa Arab, ihram berasal dari kata haram yang memiliki asal kata haram, yaitu sesuatu yang terhormat dan kemudian terlarang karena adanya kehormatannya. 

Memperbanyak dzikir dan berdoa ketika menunaikan haji ataupun umrah.

Ihram memiliki arti seseorang yang mempunyai niat dan dalam melaksanakan ibadah haji ataupun umrah. Sehingga, ihram bukanlah bermakna sekadar siap dengan pakaian. Namun sudah benar-benar berniat melaksanakan rukun-rukun haji ataupun umrah. 

Berihram berarti mempunyai niat untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah dengan adanya waktu, tempat, dan cara-cara tertentu. 

Dengan adanya keadaaan berihram maka ada beberapa keadaan yang diharamkan. Misalnya, menggunakan minyak wangi ataupun memotong rambut. Keadaan ini berlangsung selama menunaikan ibadah haji. Jika telah ditunaikan maka, hal-hal yang terlarang tadi diperbolehkan.

Allah Taala telah menetapkan doa dan zikir-zikir tertentu ketika berhaji. Sebagaimana  firman Allah Taala berikut ini: 

وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ تَعَجَّلَ فِي يَوْمَيْنِ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ وَمَنْ تَأَخَّرَ فَلَا إِثْمَ عَلَيْهِ ۚ لِمَنِ اتَّقَىٰ ۗ وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ

“Dan berzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barang siapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada dosa baginya. Dan barang siapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu), maka tidak ada dosa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilah, bahwa kamu akan dikumpulkan kepada-Nya.” (Al-Isra: 203)

Dzikir Ketika Ihram

“سُبْحَانَ اللهِ وَالحَمْدُ للهِ وَالله أَكْبَرُ”

Subhanallah walhamdulillah wallahu akbar

Mahasuci Allah, dan segala pujian untuk-Nya, dan Allah Mahabesar. 

Demikianlah dzikir ketika ihram untuk menunaikan ibadah haji ataupun umrah. []

Dzikir Ketika Ihram Sesuai Sunnah Rasulullah Shalallallahu Alaihi wa Sallam