Do'a Masuk Rumah dan Keluar Rumah Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam

Tidak ada seorang Muslim pun yang bisa menghindari keluar dan masuk rumah. Sebab hal itu manusiawi. Hingga, Muslimah yang keberadaannya lebih disukai di rumah pun harus keluar untuk memenuhi kewajiban menjalankan shalat Id pada hari raya Idul Fitri, ataupun Idul Adha juga untuk menunaikan umrah dan haji. 

Do'a keluar rumah dan masuk rumah adalah salah satu sisi kesempurnaan Islam.



Lalu, bagaimana do'a masuk rumah dan keluarnya sebagaimana yang diajarkan Rasulullah Shalllallahu Alaihi wa Sallam? 

Sedangkan do'a masuk rumah adalah sebagai berikut.

بِسْـمِ اللهِ وَلَجْنـا، وَبِسْـمِ اللهِ خَـرَجْنـا، وَعَلـى رَبِّنـا تَوَكّلْـنا

"Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa alaa rabbinaa tawakkalnaa."
Artinya: 
"Dengan menyebut nama-Mu ya Allah kami telah pulang, dan dengan nama-Mu kami keluar, dan kepada Tuhan kamilah, kami bertawakal sepenuhnya."

Kemudian megucapkan: 

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَا تُهُ
“Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakaatuh.”

“Semoga keselamatan, rahmat dan (berkah Allah) tetap atas kalian.”

Doa tersebut berdasarkan firman Allah di dalam QS An-Nur [24]:61, berikut ini.

فَإِذَا دَخَلْتُم بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَىٰ أَنفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِندِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً ۚ كَذَ‌ٰلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ لَكُمُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat (Nya) bagimu, agar kamu memahaminya. (QS An-Nur [24]: 61)

Sedangkan doa keluar rumah adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

"Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, walaa haula wa laa quuwata illaa billahi."

“Dengan nama Allah (aku keluar). Aku bertawakkal kepadaNya, dan tiada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Allah.”

Doa tersebut berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik ra berikut ini.

“Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya seraya mengucapkan, “Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, walaa haula wa laa quuwata illaa billahi. Maka dikatakan kepadanya, “Engkau telah dicukupkan dan dijauhkan dari setan.” (HR Tirmidzi).

Selain doa tersebut, doa lainnya yang dianjurkan oleh Nabi saw,  adalah doa yang diriwayatkan dari Ummu Salamah ra sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ، أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ، أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ، أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ، أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

“Allahumma inni a’udzubika an adhilla, aw udhalla, aw azilla, aw adhlima, aw udhlama, aw ajhala, aw yujhala ‘alayya.”

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu, jangan sampai aku sesat atau disesatkan (setan atau orang yang berwatak setan), berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya (orang), dan berbuat bodoh atau dibodohi.”

Hadits dari doa tersebut adalah sebagai berikut.
“Dari Ummu Salamah ra ia berkata, “Nabi Saw sama sekali tidak pernah keluar rumah kecuali beliau menengadahkan tangannya ke langit seraya berdoa, “Allahumma inni a’udzubika an adhilla, aw udhalla, aw azilla, aw adhlima, aw udhlama, aw ajhala, aw yujhala ‘alayya.” (HR Abu Dawud)

Inilah do'a masuk rumah dan keluar rumah sebagaimana syariat Rasulullah Shallallahi Alaihi wa Sallam, semoga kita bisa mengamalkannya dan Allah Taala memudahkan kita melakukannya.[]

Komentar

Postingan Populer