Skip to main content

Doa Masuk dan Keluar WC Lengkap, Latin, Arab, dan Terjemahnya

Islam adalah agama yang sempurna dalam segala sisi. Hingga akhlak dan tata cara memasuki tempat buah hajat pun diatur dalam Islam. Salah satunya adalah doa masuk dan keluar wc. 

Membaca doa masuk dan keluar wc adalah ikhtiar mendapatkan perlindungan Allah Taala.


Membaca doa ini mengingatkan saya dulu saat masih duduk di pondok pesantren. Doa ini dipasang besar-besar di pintu masuk tempat buang hajat. Hingga santri-santri dapat mudah menghafalnya. 

Doa masuk dan keluar wc ini diucapkan semata karena Allah Taala, untuk melindungi diri dari gangguan jin, setan, dan semua keburukan yang ada. Sebab kamar mandi, wc, toilet, adalah tempat yang kotor. Hingga kita juga dianjurkan tidak sering berlama-lama di dalamnya. Doa ini juga untuk menutup aurat kita agar tidak dilihat oleh jin. 

Sebelum masuk kamar mandi, dianjurkan membaca basmalah, karena Rasulullah saw bersabda.

“Penghalang antara mata jin, dan aurat anak Adam adalah jika seorang dari kamu masuk kamar mandi mengucapkan ‘Bismillah’ (Dengan nama Allah).” (Shahih Al-Jami’ Ash-Shaghir wa ziyadatuhu).

Setelah membaca Basmalah, maka dianjurkan untuk membaca doa berikut.
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ
Allahumma inni a’udzubika minal hubutsi wal khabaits.





““Dengan nama Allah. Ya Allah, se-sungguhnya aku berlindung kepadaMu dari godaan setan laki-laki dan perempuan."

Doa tersebut adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah saw, sebagaimana riwayat dari Anas ra berikut.

“Apabila Rasulullah saw. masuk ke kamar mandi, maka beliau mengucapkan, Allahumma inni a’udzubika minal hubutsi wal khabaits.” (HR Bukhari)

Sedangkan saat keluar dari kamar mandi, maka dianjurkan untuk membaca doa berikut. 
غُفْرَانَكَ
“Ghufraanaka.”
“Aku memohon ampunan-Mu.” 

Demikianlah, doa masuk dan keluar wc sesuai sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Semoga kita bisa selalu mengamalkannya hingga mendapatkan perlindungan Allah Azza wa Jalla di semua aktivitas kita. Aamin ya Rabb.[]

Comments

Popular posts from this blog

Doa agar Pintar dalam Belajar dan Kuat Menghafal

I slam menganjurkan penganutnya untuk belajar sepanjang hayat. Selama hayat masih dikandung badan. Muslim yang pandai, cakap, dan mengetahui urusan agama dan dunianya lebih utama. Sebab itulah, doa pintar dalam belaja haruslah senantiasa kita mohonkan kepada Allah Subhanahu wa Taala . Tentunya haruslah lebih banyak belajar dan mengkaji ilmu-ilmu agama dan dunia.  Doa membuka segala kemungkinan.

Doa agar Anak Sukses Dunia Akhirat

Orang tua mana yang tidak menginginkan anak-anaknya sukses di dunia dan akhirat? Tentu saja semua orang tua yang beriman pada Allah dan rasul-Nya menginginkan hal itu. Selain memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak, ada hal lain yang tentunya tidak boleh ditinggalkan, yaitu memohonkan doa agar anak sukses dunia akhirat pada Allah.  Doa adalah senjata mukmin.

Doa agar Anak Cerdas Otaknya dan Menjadi Pemimpin Orang-Orang Beriman

Banyak orang tua berharap dan melafalkan doa agar anak cerdas otaknya. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan manusiawi. Sebab, anak yang cerdas tentu saja bisa berpikir dengan baik dan memilih mana jalan yang benar bagi kehidupannya. Selain itu, anak-anak yang cerdas tentu saja bisa memahami keagungan Allah dan memperdalam tauhid.  Berdoalah tanpa kenal lelah.