Skip to main content

Doa agar Anak Cerdas Otaknya dan Menjadi Pemimpin Orang-Orang Beriman


Banyak orang tua berharap dan melafalkan doa agar anak cerdas otaknya. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan manusiawi. Sebab, anak yang cerdas tentu saja bisa berpikir dengan baik dan memilih mana jalan yang benar bagi kehidupannya. Selain itu, anak-anak yang cerdas tentu saja bisa memahami keagungan Allah dan memperdalam tauhid. 

doa ibu untuk anak laki lakinya
Berdoalah tanpa kenal lelah.


Bukan rahasia lagi jika Nabi Ibrahim Alaihissalam merupakan hamba beriman dan cerdas sejak beliau masih kecil. Ibrahim kecil sangatlah kritis dan mampu menganalisis apa yang ada di sekitarnya. Memahami bagaimana lingkungan dan tingkah laku orang-orang di sekitarnya. Ibrahim kecil tidak mau beriman dengan benda mati yang dibuat oleh manusia. Ibrahim kecil mencari siapa sebenarnya Pencipta alam ini dengan gigih. Hingga Allah tunjukkan kepadanya hikmah dan karunia kebenaran. Sekaligus mengangkatnya sebagai nabi dan rasul. 

Berdoalah agar anak-anak kita menjadi cerdas dan saleh. Sehingga bisa menemukan kebenaran dan menjadi pejuang Islam. 

Doa agar Anak Cerdas Otaknya, Selalu Terberkahi, dan Menjadi Pemimpin Orang-Orang Beriman

رَبِّي َهَبْ ِلَي غُلامًا زَكِيًّا، وَاجْعَلْهُ اللَّهُمَّ مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كَانَ، وَأَعِنْهُ عَلَى الصَّلاَةِ وَالزَّكَاةِ
 مَا دَامَ حَيًّا، وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَا تَجْعَلْهُ جَبَّارًاشَقِيًّا

Rabbii hablii ghulaaman zakiyyan, wajalhu Allahumma mubaarakan aina maa kaana, wa a’inhu ‘alash-shalah waz-zakaah maa daa ma hayya, wa barran biwalidaihi wa laa taj’alhu jabbaaran syaqiyya.

Artinya: 
"Ya Allah, karuniakanlah kepadaku anak yang suci, dan berikanlah keberkahan kepadanya di mana pun ia berada. Dan tegakkanlah dirinya untuk selalu menunaikan shalat, dan zakat sepanjang hidupnya. Jadikanlah pula ia sebagai anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Jangan jadikan ia sebagai anak yang sombong lagi durhaka." 

Lafadz doa ini digali berdasarkan ayat-ayat berikut. 

وَجَعَلَنِي مُبَارَكًا أَيْنَ مَا كُنتُ وَأَوْصَانِي بِالصَّلَاةِ وَالزَّكَاةِ مَا دُمْتُ حَيًّا  وَبَرًّا بِوَالِدَتِي وَلَمْ يَجْعَلْنِي جَبَّارًا شَقِيًّا 

Artinya:
“Dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup; dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka.” (Maryam [19]: 31-32)

Comments

Popular posts from this blog

25 Doa dan Dzikir Pagi Lengkap Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, Arab, Latin, dan Terjemahnya

Bagi setiap Muslim, doa dan dzikir merupakan ibadah yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Memohon penjagaan dan perlindungan Allah Taala adalah suatu keharusan. Sebab, manusia adalah makhluk yang lemah. Memohon perlindungan dan ampunan dengan menguji kebesaran Allah bisa dilakukan setiap saat. Seperti mengawali pagi dan memasuki petang dengan selalu berdzikir pada Allah Taala.  Doa dan dzikir pagi sebagai jembatan menuju ridha Allah.

Checklist dan Tips Persiapan Pernikahan Sederhana dan Islami

Sederhana dan islami malah mengena di hati kan? Detik-detik menjelang hari yang dinantikan memang mendebarkan. Utamanya buat kamu yang baru saja dipinang atau meminang gadis pujaan. Terbayang tidak ruwetnya nanti bagaimana? Nah bagaimana kalau kita membuat checklist dan tips persiapan pernikahan sederhana dan islami? Dulu, saya pun merasakan hal yang sama. Apalagi, saat itu ibunda saya sudah tiada. Jadilah saya berbelanja segala hal dengan bantuan ayah, kakak, adik, dan tante. Mulai dari memesan undangan, memilih gaun, dan menentukan konsep pernikahan. Dengan izin Allah malah diberi kado undangan oleh seorang teman yang memiliki percetakan. Nah, jika ingin hari bahagiamu lebih terencana dengan baik. Kenapa tidak membuat wedding list planner? Membuat sebuah catatan runtut yang bisa disegera dilaksanakan.  Jika saat ini kamu punya 3 bulan saja untuk menyiapkan hari H. Apa saja yang akan kamu persiapkan? Berikut ini beberapa list yang bisa membantumu menyiapkan hari istimewa

Malam Pertama Lara

Lara Lembayung berjingkat pelan turun dari tempat tidur. Kakinya yang jenjang menapak dengan hati-hati di atas lantai parket. Suara derit kayu pelan terdengar. Lara meringis.  Ia menoleh ke samping. Lelaki itu masih terlelap. Matanya masih rapat terpejam. Dadanya yang telanjang naik turun dengan napas teratur.  Lara berhenti sejenak. Ia menatap lelaki itu dengan cermat. Seolah tak ingin kehilangan pesonanya. Lagi pula, siapa yang tidak terpikat? Cahaya samar kekuningan dari lampu tidur di sisi ranjang memperjelas setiap detil wajahnya. Rahang tegas, dengan hidung kukuh serta bibir tipis yang menggoda.