Doa agar Anak Sukses Dunia Akhirat


Orang tua mana yang tidak menginginkan anak-anaknya sukses di dunia dan akhirat? Tentu saja semua orang tua yang beriman pada Allah dan rasul-Nya menginginkan hal itu. Selain memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak, ada hal lain yang tentunya tidak boleh ditinggalkan, yaitu memohonkan doa agar anak sukses dunia akhirat pada Allah. 

Doa orang tua kepada anak anaknya
Doa adalah senjata mukmin.

Doa orang tua merupakan sesuatu yang insya Allah menjadi hal yang mustajab jika dimohonkan sesuai dengan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. 

Doa orang tua kepada anaknya juga dilakukan oleh para anbiya (nabi-nabi Allah). Doa-doa tersebut diabadikan di dalam Al-Quran. Hendaknya, kita tidak lupa mendoakan agar anak-anak kita menjadi anak-anak yang saleh dan salehah. 

Doa Nabi Ibrahim as, Nabi Zakaria as, serta orang-orang saleh seperti istri Imron, dituliskan di dalam Al-Qur’an dengan indahnya. Alangkah baiknya jika doa-doa tersebut juga kita amalkan. Berikut ini merupakan kumpulan doa agar anak sukses dunia akhirat dari para nabi untuk anak-anaknya.

Doa Nabi Ibrahim agar Anak Menjadi Hamba Allah yang Patuh dan Selalu Bertobat

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ 
إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Rabbanaa waj’alnaa muslimaini laka wa min dzurriyatinaa ummatan muslimatan laka wa arina manasikanaa wa tub ‘alaina innaka antat tawwaabur rahimm.

Artinya:
"Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang." (Al-Baqarah [2]:128)

Doa Nabi Ibrahim Alaihissalam agar Allah Memberikan Karunia Anak yang Saleh dan Salehah


رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ
Rabbi hablii minash-shalihiin.

”Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.” (Ash-Shaaffat[182]: 100)

Doa Orang Tua Kepada Anak-Anaknya 

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَىٰ وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا
 تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي ۖ إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ الْمُسْلِمِينَ

Rabii auzi’nii an asykuro ni’matakal-latii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shaalihan thardhaahu, wa ashlih lii fii dzurriyatii, inni tubtu ilaika wa innii minal muslimiin. 

"Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri ni'mat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri." (Al-Ahqaf [46]: 15).

Semoga kita diberikan karunia mendapatkan anak-anak yang saleh dan salehah.[]

Doa agar Anak Sukses Dunia Akhirat