Checklist dan Tips Persiapan Pernikahan Sederhana dan Islami



Sederhana dan islami malah mengena di hati kan?

Detik-detik menjelang hari yang dinantikan memang mendebarkan. Utamanya buat kamu yang baru saja dipinang atau meminang gadis pujaan. Terbayang tidak ruwetnya nanti bagaimana? Nah bagaimana kalau kita membuat checklist dan tips persiapan pernikahan sederhana dan islami?

Dulu, saya pun merasakan hal yang sama. Apalagi, saat itu ibunda saya sudah tiada. Jadilah saya berbelanja segala hal dengan bantuan ayah, kakak, adik, dan tante. Mulai dari memesan undangan, memilih gaun, dan menentukan konsep pernikahan. Dengan izin Allah malah diberi kado undangan oleh seorang teman yang memiliki percetakan.

Nah, jika ingin hari bahagiamu lebih terencana dengan baik. Kenapa tidak membuat wedding list planner? Membuat sebuah catatan runtut yang bisa disegera dilaksanakan. 
Jika saat ini kamu punya 3 bulan saja untuk menyiapkan hari H.

Apa saja yang akan kamu persiapkan? Berikut ini beberapa list yang bisa membantumu menyiapkan hari istimewa itu.

Tiga Bulan Sebelum Hari Pernikahan
Menentukan tanggal pernikahan

Menyewa wedding organizer.
Jika tidak ada kamu bisa meminta bantuan saudara ataupun sahabat untuk menjadi EO dadakan di walimahmu nanti

Tentukan bagaimana model walimah dan resepsi pernikahanmu nanti. 
Apakah formal? Semi formal? Ataukah santai? Kamu bisa menentukannya dengan memutuskan ingin melangsungkan akad nikah di mana. Apakah di sebuah masjid, rumah ataukah di gedung. Dulu, saya memilih masjid untuk melangsungkan akad nikah. Selain sakral, suasana dingin dan sejuk bisa membuat hari bahagia itu lebih terasa mengharukan. 

Tentukan budget (dana) yang kira-kita tersedia untuk pernikahanmu. 
Mulai dari acara akad nikah, hingga resepsi pernikahan dan lain-lain. Bicarakan hal ini dengan keluargamu. 

Adakan rapat kecil bersama keluarga dan calon suamimu. 
Di sini, kamu bisa mengungkapkan berapa dana yang tersedia dan bagaimana cara agar bisa memenuhi harapan keluarga. 

Tentukan di mana akad nikah dan resepsi berlangsung. 
Jika kamu menghendaki akad nikah di sebuah masjid, segera hubungi takmir masjid yang bersangkutan untuk memesan tempat  dan waktu di tanggal yang sudah kamu persiapkan. Sebab, jika tidak jauh-jauh hari, terkadang ada orang lain yang akan memakainya. 

Jika kamu tidak ingin melangsungkan akad nikah di masjid, kamu bisa mengadakannya di rumah ataupun di gedung pernikahannya. 
Kebanyakan pasangan memilih rumah, karena dinilai memiliki suasan sakral. Namun, ada juga yang menyulap ruangan gedung ataupun hotel menjadi sangat sakral di hari akad nikah mereka. Contohnya adalah pasangan selebritis Oki dan suami. 

Tentukan di mana kamu akan mengadakan resepsi pernikahan. 
Jika tidak mengadakannya di gedung ataupun hotel, kamu bisa mengadakannya di rumah dengan kalkulasi biaya yang lebih murah. Atau bisa pula kamu menyewa lesehan dengan taman-taman hijau sebagai tempat resepsi. Tentu saja semua ini bisa disesuaikan dengan dana yang sudah kamu siapkan. 

Buatlah list tamu untuk hadir di acara walimahan (akad nikah) dan juga resepsi pernikahan.  
Lengkapi dengan alamat dan nama serta gelar mereka lebih dahulu. Ini akan memudahkanmu dalam mengirimkan undangan.

Tentukan siapa yang akan menjadi saksi dan penghulu untuk pernikahan..
Jangan lupa untuk meminta ustadz yang menyampaikan khutbah pernikahan ya. 

Tentukan siapa yang menjadi panitia akad nikah dan resepsi pernikahan. 
Mulai dari penerima tamu, pendamping pengantin, hingga pembawa acara sudah bisa ditentukan mulai saat itu. 

Siapkan gaun pernikahanmu.
Nah, ini adalah moment favorit saya. Hihi. Yap, tentu saja kita semua ingin memilih gaun pernikahan islami bukan? Coba bicarakan dengan tunanganmu mengenai hal ini. Kamu bisa saja membuat gaunnya, jika memungkinkan. Namun, jika harus menyewa usahakan agar gaun itu tidak ketat, menutup dada, dan tidak transparan. Usahakan untuk memilih detil yang sederhana tapi cantik. Terlalu berlebihan dengan aksesoris malah menenggelamkan kamu. Membuat tampilanmu jadi lebay dan norak. Make it simple and syar’i!

Tentukan make up style
Agar tidak bertabarruj sebaiknya pilihlah siapa yang akan mendandanimu di hari pernikahan. Mintalah secara khusus untuk tidak mencukur alis, mencabut bulu-bulu di dahi, ataupun menggunakan make up yang tebal. Dengan demikian, kamu bisa lebih syar’I dan cantik. 

Segera hubungi teman ataupun kerabat yang bisa menjadi fotografer di hari pernikahan.
Jika kamu memiliki dana lebih bisa meminta bantuan fotografer lokal. 

Buatlah jadwal sesi foto jika kamu dan keluarga menginginkannya. 
Sebaiknya tidak ada foto pre wedding ya. Selain belum sah, tentunya kamu ingin pernikahanmu syar’I dan dan diberkahi. Gantilah dengan sesi foto pasca wedding. Selain sudah jelas halal, tentunya lebih mesra dan indah bukan? 

Buatlah beberapa acara pengajian di rumahmu. 
Yup agar hati dan pikiranmu lebih tenang, kenapa tidak membuat acara pengajian sebelum hari pernikahan menjelang? Selain membuat dirimu dan keluarga tidak berdebar terus tentunya bisa membuatmu meminta doa pada jamaah. 

Pesan menu catering
Jika kamu menemukan menu catering yang enak dan terjangkau, kamu bisa membookingnya di hari tersebut. Namun, jika kamu merasa pasukan keluargamu bisa mengatasinya. Maka buatlah menu plan yang terencana dengan baik. Kamu bisa membicarakannya dengan ibu. Misalnya menabung lauk-lauk kering, dan kudapan yang lebih awet jauh-jauh hari. Sehingga saat hari H, tidak terjadi chaos (hehee).

Buat jadwal hari untuk fitting. 
Yup, ini ternyata penting banget. Fitting gown akan membuatmu lebih yakin dengan penampilanmu di hari tersebut. Jadi jangan lupa fitting ya!

Pesanlah wedding night bridal suite
Yup, ini akan membuat hari bahagiamu lebih mengena. Hehe. Memesan desain untuk kamar pengantin juga boleh. Dulu, saya ingin kamar saya sederhana saja. Tapi, ternyata kakak malah menghadiahkan tampilan suite lux dan serba pink. Manis banget. Kamu pun bisa menyiapkan suite-mu dengan cermat.

Pesanlah mobil rental 
Indonesia memiliki tradisi yang agak ribet dibandingkan negara lain. Di Jawa, biasanya ada acara seserahan, ngunduh mantu, hingga anjangsana yang membutuhkan banyak kendaraan. Sebab, jika kamu memiliki keluarga besar tentunya membutuhkan kendaraan yang lebih banyak. Pesan mulai sekarang, untuk hari dan waktu yang sudah ditentukan. 

Mulailah berbelanja hadiah untuk calon suami atau istrimu.

Pesan kartu undangan mulai sekarang. 
Agar tidak banyak memakan biaya, kamu juga bisa mendesain kartu undangan. Di internet sudah banyak desain kartu undangan. Tinggal undduh kemudian edit, dan print menggunakan kertas yang agak tebal ataupun glossy. Lebih hemat dan irit bukan?

Rencanakan honeymoon 
Walaupun terkesan sepele, merencanakan wisata bulan madu sangat baik untuk mengikat perasaanmu dan pasangan. Rencanakan sejak dini, kamu ingin berbulan madu kemana. Nah, untuk melengkapi checklist dan tips persiapan pernikahan sederhana dan islami, jangan lupakan honeymoon ya.

Terkadang ada yang berwisata bulan madu sekaligus melaksanakan ibadah umrah. Nah, jika kamu menginginkan ke luar negeri, siapa passportmu mulai sekarang ya. 
Namun, jika tujuanmu adalah tempat wisata nusantara, tentukan saja di mana kamu dan suami akan melaksanakannya. Memesan tiket pesawat jauh-jauh hari, lebih murah lho ketimbang dadakan.

Dua Bulan Sebelum Pernikahan

Sempurnakan kartu undangan dengan memeriksan nama dan alamat tamu secara lengkap.

Beri alamat kartu undangan.

Siapkan sepatu, sandal, dan aksesoris pernikahanmu dengan cermat.
Untuk sandal, dan sepatu memang tidak bisa main-main sebab ini adalah salah satu bentuk kenyamanan kita. Cermati sepatu ataupun sandal yang akan kamu kenakan. 

Pilih catering kue, dan pesan wedding cake.

Mintalah bantuan saudara ataupun teman untuk mendesain ruang resepsi. 

Jika tidak memungkinkan pesanlah pada jasa salon setempat
Rencanakan mobil yang akan kamu pakai di hari pernikahanmu.

Datanglah ke KUA dengan calon suami, dan daftarkan hari pernikahanmu.
Biasanya, kamu akan diminta untuk memeriksakan darah, dan juga disuntik vaksin tetanus (untuk mempelai wanita). 

Belilah wedding ring
Cincin pernikahan memang bukan hal yang mutlak dalam Islam. Namun, juga bukan hal yang dilarang. Sebab hukumnya juga mubah. Boleh saja kamu memesan dan berbelanja wedding ring. Asal, laki-laki tidak memakai emas karena dilarang ya. Sedangkan kamu bisa memakai cincin emas, cincin perak, palladium ataupun bermata berlian. Jika berlian terlalu mahal, bisa juga kamu menggantinya dengan safir ataupun batu akik yang dipotong mungil. Apalagi sekarang harga permata sudah mulai turun. 

Bersihkan wajah dan gigi di professional
Untuk wajah, lakukan perawatan dini. Kamu bisa saja mem-facial wajah sendiri, namun untuk membersihkan kerak gigi sebaiknya datang ke dokter gigi setempat. Agar senyum, dan tampilanmu lebih sempurna di mata suami. Hehe. 

Rencakan tempat tinggal pasca menikah
Nah, ini juga penting biar kamu dan pasanganmu kelak tidak berdebat panjang. Menentukan tempat tinggal setelah menikah. Apakah di rumah sendiri, rumah mertua, mengontrak, sewa apartemen, ataukah di rumah dinas? Jauh-jauh hari bicarakan hal ini dengan tunanganmu ya. 

Sebulan Sebelum Hari Pernikahan

Kirimkan kartu undangan pernikahan
Kamu juga bisa mengirimkan undangan via email, dan sosial media.

Sempurnakan gaun, make up, dan tampilanmu di hari pernikahan

Siapkan segala hal untuk akad nikah dan resepsi
Misalnya menyewa piring, kursi, dan lain-lain untuk akad nikah nanti.

Koordinasikan dengan keluarga baju yang harus mereka pakai saat hari H.

Cek kembali driver, koki, dan lain-lain.

Sempurnakan menu makanan yang akan disajikan saat hari H.

Siapkan buku tamu

Siapkan fisik dan mentalmu dengan ibadah pada Allah

Siapkan diri untuk menghadiri akad nikah dan hari bahagiamu!

Nah, inilah checklist dan tips persiapan pernikahan sederhana dan islami, happy wedding girls! []

Checklist dan Tips Persiapan Pernikahan Sederhana dan Islami
  1. artikelnya sangat membantu dan menginspirasi. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, semoga bermanfaat 😊

      Delete