Puasa Bulan Muharram: Telaah Hadits dan Hukumnya Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam


Sebentar lagi kita memasuki tahun baru hijriah. Masuk di Bulan Muharram. Ada banyak siaran WhatsApp, ataupun Facebook mengenai keutamaan berpuasa di bulan Muharram. Ada banyak pula kemudian persepsi yang berkembang. Misalnya, saudara-saudara kita yang memperbanyak puasa sunnah Muharram. 

Lalu, bagaimana sebenarnya hukum berpuasa sunnah di bulan Muharram? Adakah hadits sahih yang menganjurkannya? Bagaimana kedudukan hadits tersebut? 

Memasuki bulan Muharram, tahun baru dan harapan baru.


Bolehkah Berpuasa Pada 1 Muharram?
Saudara kita yang berpendirian bahwa puasa 1 Muharram adalah sunnah kebanyakan berpegang kepada hadits berikut ini: 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ ( رواه مسلم 

Dari Abu Hurairah ia berkata, "Rasulullah saw telah bersabda, 'Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa) bulan Allah – Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.'" (HR. Muslim)

Hadits ini sahih. Maksudnya adalah puasa yang paling utama setelah puasa (wajib) di bulan Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Dengan ini, saudara kita berpendapat bahwa 1 Muharram di sunnahkan untuk berpuasa. Atau mereka menetapkan bahwa 1 Muharram dianjurkan untuk berpuasa sunnah. 

Padahal, pendapat ini tidak bisa kita terima karena matan hadits dari riwayat Muslim tersebut tidak menentukan tanggal berapa dianjurkan berpuasa sunnah. Atau tidak menetapkan kapankah tanggal yang utama pada bulan Muharram. Apakah pada tanggal 1, 2, 3 ataupun lainnya. Sebab, untuk menentukan tanggal berapa di bulan Muharram harus ada dalil yang jelas menyatakannya. 

Hadits ini hanya menerangkan bahwa berpuasa sunnah adalah utama dibandingkan bulan lainnya selain Ramadhan. Ini lafal yang umum, sehingga tidak menentukan tanggal berapa. 

Nanti ada tuntunan khusus dan jelas mengenai keutamaan berpuasa pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Dua hari ini memang dianjurkan dan disebut sebagai puasa Tasu'ah dan Asyura. Anda bisa membaca keuatamaan puasa Tasuah dan Asyura di artikel lainnya. 

Kesimpulan
Tidak ditemukan tuntunan khusus menetapkan disunnahkan berpuasa pada tanggal 1 Muharram. Matan hadits hanya menyebutkan keutamaan berpuasa sunnah pada bulan Muharram. Lafal ini adalah umum, sehingga kita pahami bahwa berpuasa yang dianjurkan adalah puasa-puasa sunnah yang sudah masyruk yang bisa kita amalkan di bulan Muharram. Hanya puasa pada 9 dan 10 Muharram saja yang merupakan sunnah khusus di bulan Muharram. []

Puasa Bulan Muharram: Telaah Hadits dan Hukumnya Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam