Doa Bangun Tidur Sesuai Syariat (Arab, Latin, dan Terjemahnya)



Semoga hari ini Allah Azza wa Jalla tetap melimpahkan kenikmatan kepada kita, sebagai kaum Muslimin. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada teladan kita hingga akhir zaman, Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, juga untuk keluarga, dan para sahabat beliau. 

Dzikir maupun doa sudah menjadi bagian dari ajaran Islam yang mulia. Dzikir dan doa memiliki banyak kemuliaan. Ada begitu banyak keutamaannya. Misalnya saja perumpaan ayat mengenai dzikir. Bahwa orang-orang yang hidup itu adalah yang selalu berdzikir dan berdoa kepada Allah Taala. Hidup jiwa dan raganya. Bukan sekadar raga saja tanpa jiwa. 

Jika tidur, saat bangun jangan lupa berdoa. 

Saat ini, kita banyak menjumpai betapa dzikir dan doa sedikit tersingkir. Berganti dengan ragam terapi lainnya. Padahal, dzikir dan doa adalah syariat Islam. Siapapun yang mengamalkan ajaran Islam akan mendapatkan banyak manfaat. Banyak kemuliaan. 

Begitu juga dengan dziki dan doa ketika bangun dari tidur. Begitu indahnya Islam sehingga saat bangun tidur pun kita disyariatkan untuk berdzikir dan berdoa. Allah lah yang menggenggam jiwa dan raga kita. Maka kepada Allah Taala kita memohon kemuliaan dan keberkahan. Pun saat tubuh dan jiwa beristirahat. Untuk tidur dan terlelap. Demikian pula saat bangunnya. 

الحَمْدُ لله الذِي أحْيَانا بَعْدَمَا أمَاتَنَا* وإلَيْهِ النَشُور

Alhamdulillahilladzii ahyanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinn nusyuur

Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami, setelah ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nya lah kami akan kembali. 

Maksud dari ‘mematikan’ pada doa tersebut, adalah kiasan. Tidur adalah ‘kematian’ yang ringan. Maka segala puji bagi Allah yang telah memberikan kehidupan setelah ‘kematian yang ringan’ itu. 
Doa dan dzikir bangun tidur tersebut terdapat dalam البخاري مع الفتح 11/ 113 ومسلم 4/ 2083 (Bukhari dalam fathul baari 11: 113 dan dalam kitab Muslim 4: 2083)

Doa bangun tidur lainnya bisa disimak berikut ini:

الحَمْدُ لله الذِي عَافَانِي في جَسَدِي ورَدَّ عَلَيَّ رُوحِي، وأَذِنَ لي بِذِكْرهِ

Alhamdulillahilladzii ‘aafaanii fii jasadii wa radda alayya ruuhii, wa adzina lii bidzikrihi 

Segala puji bagi Allah yang telah menyehatkan jasadku dan mengembalikan ruhku, dan mengizinkanku berdzikir kepada-Nya.

Doa terbangun daru tidur ini diriwayatkan dalam Kitab At-Tirmidzi 5/473 dan Shahih At-Tirmidzi 3/144. 

Doa-doa bangun tidur ini disunnahkan untuk dilaksanakan. Semoga Allah Azza wa Jalla memberikan kemampuan dan kemudahan bagi kita untuk mengamalkannya. Sedangkan untuk dzikir saat bangun dari tidur bisa dicermati dalam artikel ini.  []

Doa Bangun Tidur Sesuai Syariat (Arab, Latin, dan Terjemahnya)