Kapankah Waktu Sholat Dluha Terbaik Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam?

Seringkali kita kebingungan dengan waktu terbaik sholat dluha. Ada yang mengatakan pada pagi hari, tapi tidak jelas dari jam berapa hingga jam berapakah kita bisa menunaikan sholat dluha. Ada juga yang mengatakan saat matahari agak tinggi. 

Nah, sebenarnya waktu terbaik untuk sholat dluha ini kapankah? 


Saat matahari mulai meninggi.


Untuk menjawabnya mari kita mencermati beberapa hadits sahih berikut ini. 


وَعَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ رَضِيَ اللّهُ تَعَالَى عَنْهُ, أَنّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: صَلاَةُ الأَوّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الفِصَالُ رَوَاه التّرْمِذِيّ 

“Dari Zaid bin Arqam, bahwasanya Rasulullah saw bersabda, ‘Shalat orang yang banyak bertobat itu ialah ketika anak-anak onta kepanasan.’” (HR. Tirmidzi) 


Takhrij Hadits
Hadits diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahihnya 1:515; Ahmad dalam Musnadnya 32:71; Bazzar dalam Musnadnya 10:225; Ibu Hibban dalam Shahihnya 6:280; Ibnu Khuzaimah dalam Shahihnya 2:229;Abu Dawud at-Thayalisi dalam Musnadnya 2:96; Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannafnya 2:173; Darimi dalam Sunannya  2:913; Abu Awanah dalam Mustakhrajnya 2:13;  serta Baihaqi dalam Sunan Kubra 3:70.

Syarah (Penjelasan) Hadits
Hadits riwayat Tirmidzi tersebut merupakan hadits sahih yang menyatakan kapan waktu sholat Dluha terbaik menurut Rasulullah.

Adapun penjelasan terperinci dari hadits tersebut adalah sebagai berikut. 

Shalat Dluha disebut juga sebagai shalat “awwabiin” (yaitu shalatnya orang-orang yang bertobat).

Menjelaskan kapan waktu terbaik sholat Dluha yaitu saat anak-anak onta kepanasan. Anak-anak onta kepanasan itu sekitar jam 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. 

Jika Anda berada di luar area tersebut, tinggal disesuaikan saja kondisinya dengan saat anak-anak onta kepanasan. 

Ada riwayat lain juga bersumber dari Zaid bin Arqam:

عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرَقْمَ، قَالَ: خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أَهْلِ قُبَاءٍ وَهُمْ يُصَلُّونَ صَلَاةَ الضُّحَى، فَقَالَ: صَلَاةُ الْأَوَّابِينَ إِذَا 
رَمِضَتْ الْفِصَالُ مِنَ الضُّحَى  {رواه ابن ابي شيبة} 

“Dari Zaid bin Arqam ia berkata, ‘Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam keluar ke penduduk Quba dan ketika itu mereka sedang shalat Dluha, maka beliau bersabda, ‘Shalatnya orang yang bertobat itu adalah ketika anak onta kepanasan pada waktu Dluha.’” (HR. Abu Syaibah)


Dengan demikian dari penjelasan hadits-hadits tersebut, maka waktu terbaik sholat Dluha adalah pada pagi hari pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. []

Kapankah Waktu Sholat Dluha Terbaik Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam?