Doa Setelah Shalat Dhuha Sesuai Sunnah, Latin, Arab dan Maknanya


Shalat Dhuha merupakan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam yang sepantasnya kita laksanakan. Shalat Dhuha memiliki banyak keutamaan. Selain itu, ada juga doa dhuha yang seharusnya kita mengerti. 

Shalat Dhuha juga disebut sebagai shalat “Awwabiin” yaitu shalatnya orang-orang yang bertobat. 


Sempatkan berdhuha.



Shalat Dhuha dilaksanakan saat pagi hari, yaitu ketika anak-anak onta meninggalkan induknya karena kepanasan. Ini semakna dengan sekitar pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. 

Shalat Dhuha bisa dilaksanakan dua rakaat hingga empat rakaat. Dengan cara pelaksanaan dua rakaat salam dan dua rakaat salam. Adapun mengenai shalat Dhuha hingga 12 rakaat, maka hukumnya lemah karena sanad haditsnya memiliki kelemahan. Untuk selengkapnya bisa dibaca di artikel ini. 

Menelaah Kelemahan Hadits Shalat Dhuha 12 Rakaat

Bacaan shalat Dhuha seperti halnya bacaan shalat lainnya. Namun, setelah shalat Dhuha kita disunnahkan untuk mengucapkan doa dhuha  berikut ini. 

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau mengucapkan,


اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ


“Allahummaghfirlii wa tub 'alayya innaka antat tauwaaburrahiim.”

"Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah tobatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali." 

(HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani menyatakan bahwa sanad hadits ini adalah sahih).

Doa ini dibaca hingga 100 kali oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Semoga doa ini bisa rutin kita amalkan dan laksanakan. Moga Allah memudahkan kita menegakkan ibadah dan sunnah. []


Doa Setelah Shalat Dhuha Sesuai Sunnah, Latin, Arab dan Maknanya