Bacaan Doa Qunut Pendek Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya

Bismillah. 
Doa merupakan senjata bagi kaum Mukmin. Doa bisa mengubah takdir dengan kuasa Allah Ta’ala, sebab itulah kita disunnahkan untuk berdoa. Termasuk doa qunut pendek yang biasanya dilantunkan untuk mendapatkan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Doa qunut pendek
Pixabay.


Melafalkan doa qunut merupakan sunnah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Beliau pernah mengerjakan qunut, dan juga pernah meninggalkannya. Artinya, hukum qunut adalah sunnah. 

Nabi Shallalahu Alaihi wa Sallam pernah melakukan qunut karena ada beberapa peristiwa yang mengusik ketenteraman kaum Muslimin kala itu. 

“Telah berakta Anas: ‘Bahwasanya Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah qunut sebulan, ia minta kecelakaan atas pembunuh sahabat-sahabatnya di Telaga Ma’unah, kemudian beliau tinggalkan.  Adapun Shubuh, tetap Rasulullah kerjakan sampai meninggal dunia.’” (HR. Hakim)

Di lain riwayat disebutkan pula:
“Telah berkata Anas: ‘Adalah qunut itu di waktu Maghrib dan Shubuh.’” (HR.Bukhari)

Pada hadis lain disebutkan:
“Telah berkata Ibnu Mas’ud: Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak pernah qunut di shalatnya melainkan pada witir, dan sesungguhnya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam apabila berperang, ia qunut di dalam semua shalat, yaitu doakan kecelakaan atas kaum musyrik. Abu Bakar dan Umar tidak pernah qunut hingga meninggal, dan Ali juga tidak pernah qunut melainkan ketika ia memerangi ahli Syam; dan adalah qunut itu di semua shalat.” (HR. Thabrani dan Hakim)

Bacaan Doa Qunut Pendek 
Lafaz dan bacaan doa qunut bermacam-macam, karena Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak tetap mengerjakan satu macam doa qunut tertentu. Sehingga tidak terlarang pula jika di dalam qunut ada doa-doa yang kita mohonkan sesuai dengan keperluan kaum Muslimin. Khususnya untuk kemenangan kaum Muslimin. Doa qunut dilantunkan di semua shalat wajib. Dalam tempo tertentu, misalnya selama satu bulan.

Berikut ini adalah doa qunut pendek yang dilantunkan Rasulullah Shallalahu alaihi wa Sallam yang diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib radhiyallahu anhu dan dicatat oleh Abu Dawud.

الَلَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سُخْطِكَ وَأَعُوْذُ ِبمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوْبَتِكَ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ لاَ أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ ، أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

“Allahumma inni ‘audzu biridhooka min sukhthika wa ‘audzu bimu’aafatika min ‘uquubatika wa ‘audzu bika minka laa ukhshii tsanaa an alaika anta kamaa atsnaitaa ala nafsika.”

Artinya: 
“Ya, Allah. Aku berlindung dengan keridhaan-Mu supaya terlepas dari siksaan-Mu dan aku berlindung dengan keampunan-Mu supaya terlepas dari siksaan-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu supaya terlepas dari apa-apa yang tidak disukai oleh-Mu. Dan aku tak dapat melengkapi pujian atas-Mu sebagaimana Engkau memuji diri-Mu.”

Berikut ini adalah doa qunut pendek yang dilantunkan Rasulullah Shallalahu alaihi wa Sallam saat memohonkan keselamatan bagi Walid bin Walid dan kaum Muslimin yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu anhu dan dicatat oleh Imam Bukhari. 

اَللَّهُمَّ اَنْجِ الْوَلِيْدَ بْنَ الْوَلِيْدِ وَسَلَمَةَ بْنَ هِشَامٍ وَعَيَّاشَ بْنَ أَبِيْ رَبِيْعَةَ وَالْمُسْتَضْعَفِيْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ. اَللَّهُمَّ اشْدُدُ وَطْأَتَكَ عَلَى مُضَرَ وَاجْعَلْهَا عَلَيْهِمْ سِنِيْنَ كَسِنِيْ يُوْسُفَ.

“Allahummanjil walid bin walid wa salamah bin hisyam wa ayyash bin abi rabiiah wal mushtadhafiina minalmukminin, allahummasydud wath ataka ala mudhor waj ‘alha alaihim siniina kasiini yuusuf.”

Artinya:
“Ya Allah, selamatkanlah Walid bin Walid dan Salamah bin Hisyam dan ‘Ayyasy bin Abi Rabi’ah dan orang-orang yang lemah dari golongan Mukminin. Ya Allah, keraskanlah tindasan-Mu atas (kaum) Mudhor, Ya Allah, jadikanlah tindasan-Mu atas mereka itu tahun-tahun kepayahan sebagaimana musim kemarau (yang terjadi pada zaman) Yusuf.’” 

Sedangkan doa qunut pendek berikut ini adalah doa-doa yang sudah masyhur di kalangan kaum Muslimin. 

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَأَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِهِمْ وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِهِمْ وَانْصُرْهُمْ عَلَى عَدُوِّكَ وَعَدُوِّهِمْ

“Allahummaghfirlanaa wa lilmukminiina wal mukminaati wal muslimiina wal muslimaati wa allif baina quluubihim wa ashlih dzaata bainihim wanshurhum ‘ala ‘aduwwika wa ‘aduwwihim.”
Artinya: 
Ya Allah, ampunilah kami dan kaum Mukminin dan Mukminat dan kaum Muslimin dan Muslimat, dan satukanlah hati-hati kami dan perbaikilah persaudaraan antara kami, dan tolonglah mereka semua atas musuh-musuhMu dan musuh mereka.”

 بَلِّغُوا عَنَّا قَوْمَنَا أَنَّا لَقِينَا  رَبَّنَا فَرَضِيَ عَنَّا وَأَرْضَانَا
“Ballighuu ‘annaa qaumanaa anna laqiina rabbanaa faradhiya ‘anna wa ardhaanaa.”

Artinya:
“Sampaikanlah kami pada kaum kami dan pertemukanlah kami wahai Rabb kami dan ridhailah kami, dan berikanlah kami keridhaan-Mu.” 

Wallahu a’lam bis shawab.[]

Komentar

  1. Hello to all, how is all, I think every one is getting more from this website, and your views are fastidious designed for new users.


    guilt pang - ,

    BalasHapus
  2. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and sources back
    to your weblog? My blog site is in the exact same
    area of interest as yours and my users would certainly benefit from some of the information you present here.

    Please let me know if this okay with you. Cheers!

    Klamath []

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer