Doa agar Pintar dalam Belajar dan Kuat Menghafal

Islam menganjurkan penganutnya untuk belajar sepanjang hayat. Selama hayat masih dikandung badan. Muslim yang pandai, cakap, dan mengetahui urusan agama dan dunianya lebih utama. Sebab itulah, doa pintar dalam belaja haruslah senantiasa kita mohonkan kepada Allah Subhanahu wa Taala. Tentunya haruslah lebih banyak belajar dan mengkaji ilmu-ilmu agama dan dunia. 


Doa membuka segala kemungkinan.


Berikut ini adalah beberapa doa agar pintar dalam belajar, semoga bermanfaat untuk kita. Agar semakin giat mempelajari ilmu-ilmu agama dan ilmu yang menunjang kehidupan di dunia serta akhirat. 

Bacalah doa ini sebelum belajar. Tentu saja, sebaiknya diawali dengan memuji nama-nama Allah, beristigfar, dan bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Bacaan Doa agar Pintar dalam Belajar

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْاَلُكَ فَهْمَ النَّبِيِيْنَ، وَحِفَظَ اْلمُرْسَلِيْن وَالْمَلاَئِكَة الْمُقَرَّبِيْن، الَّلهُمَّ اجْعَلْ أَلْسِنَتَنَا عَامِرَةً بِذِكْرِكَ، وَقُلُوْبُنَا بِخَشْيَتِكَ، وَأَسْرَارَنَا بِطَاعَتِكَ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَي قَدِيْر، وَحَسْبُنَا الله وَنِعْمَ الْوَكِيْلِ

“Allahumma inni as’aluka fahman nabiyyiina wa hifdzal mursaliina wal malaaikatal muqarrabiina, allhummaj’al alsinatana aamiratann bidzikrika, wa quluubinaa bikhasyatika, wa asraarana bithaa athika, innaka alaa kulli syaiin qadiirun, wa khasbunallah wa nikmal wakill.”

Ya, Allah kami memohon kepada-Mu pemahaman sebagaimana nabi-nabiMu, dan kekuatan menghafal sepeti para rasul dan malaikat yang diberkati. Ya, Allah jadikanlah lisan-lisan kami ini pemimpin untuk selalu menyebut nama-Mu yang agung, dan hati-hati kami ini dengan ketakutan kepada-Mu, dan segala urusan kami dengan taat kepada-Mu. Sesungguhnya, Engkau atas segala sesuatu itu Maha Berkuasa, dan cukuplah bagi kami diri-Mu, sebaik-baik Pemberi Nikmat.”

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ حِكْمَتَكَ، وَانْشُرْ عَلَيَّ رَحْمَتَكَ، وَاَمْنِنْ عِلِيِّ بِالْحِفْظِ وَالْفَهْمِ، سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا إِلَّا َما عَلَّمْتَنَا، إِنَّكَ أَنْتَ اْلعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ

“Allahummaftah lii abwaaba hikmataka, wansyu alayya rahmataka, wa amnin alayya bilkhifdzi wal fahmi, subhanaka laa ilma lana illa maa allamtanaa.”

“Ya, Allah bukakanlah kepada kami pintu-pintu himah-Mu, dan curahilah kami rahmat-Mu, dan selamatkanlah hafalan kami dan pemahaman kami, Mahasuci Engkau, tidak ada ilmu melainkan Engkau ajarkan kepada kami, sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui dan Maha Bijaksana.”

Demikianlah doa agar pintar dalam belajar dan kuat saat menghafal. Semoga kita bisa mengamalkannya.[]

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer