Doa agar Anak Nurut Sama Orang Tuanya


Memiliki anak yang berbakti dan saleh salehah merupakan idaman setiap orang tua. Sebab itulah kebanyakan orang tua akan memohonkan doa agar anak nurut sama orang tuanya. Tentu saja menurut dalam kebaikan bukan pada hal yang buruk. Sebab nilai ukur kebenaran adalah di sisi Allah Taala, bukan di sisi orang tua. 

amalan agar otak cerdas dan kuat hafalan
Memiliki anak yang berbakti adalah idaman semua orang tua.


Berbakti kepada orang tua juga merupakan sebab masuk surganya anak saleh dan salehah. Birrul walidain menempati urutan yang tinggi dalam nilai ibadah kepada Allah. Setiap anak yang berbakti maka Allah akan memberikan pahala luar biasa. 

Baca juga: Doa untuk Anak yang Bandel agar Menjadi Saleh dan Taat pada Allah

Demikianlah sebagaimana kisah termasyhur Uwais Al-Qarni, seorang laki-laki biasa yang namanya harum mengangkasa di langit. Uwais yang sederhana namun sangat patuh pada ibunya karena ketaatannya pada Allah, mampu membuat dirinya didoakan ribuan orang dan ribuan malaikat. Doa Uwais pun merupakan doa yang mustajab, karena birrul walidain yang dilakukannya. 

Doa agar Anak Nurut Sama Orang Tuanya dan Dapat Menjadi Penerus yang Baik 

رَبِّ هَبْ لِي مِن لَّدُنْكَ وَلِيًّا، يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ دَعْوَةِ اْلإِسْلاَمِ، وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا

Rabbii hablii min ladunka waliyya, yaritsunii wa yaritsu min da’watil Islam, waj’alhu rabbi radhiyya.

Artinya:
Ya Allah, karuniakanlah kepada kami anak, yang akan mewarisi perjuangan Islam, dan jadikanlah ia sebagai hamba yang Engkau ridhai.

Lafaz dari doa tersebut digali dari ayat yang menceritakan kisah Nabi Zakariya berikut ini. 

وَإِنِّي خِفْتُ الْمَوَالِيَ مِن وَرَائِي وَكَانَتِ امْرَأَتِي عَاقِرًا فَهَبْ لِي مِن لَّدُنكَ وَلِيًّا 
يَرِثُنِي وَيَرِثُ مِنْ آلِ يَعْقُوبَ ۖ وَاجْعَلْهُ رَبِّ رَضِيًّا

Artinya:
"Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku  sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera, yang akan mewarisi aku dan mewarisi sebahagian keluarga Ya'qub; dan jadikanlah ia, ya Tuhanku, seorang yang diridhai." (Maryam [19]: 5-6)

Demikianlah salah satu doa agar anak nurut sama orang tuanya. Sebenarnya masih banyak doa-doa lainnya agar anak menjadi berbakti, Anda bisa membacanya di blog ini. Wallahu a’lam bishashawab. []

Doa agar Anak Nurut Sama Orang Tuanya