10 Tips Praktis dari Pakar Agar Pernikahan Lebih Bahagia

Setelah bulan madu berlalu, dan pasangan muda mulai mengarungi bahtera pernikahan, maka sejatinya saat itulah dimulai merasakan suka duka rumah tangga. Ada yang bertahan hingga belasan bahkan puluhan tahun dan sampai maut memisahkan. 
Namun, banyak juga yang kemudian terjerembab kalah. Lalu, bagaimana sebenarnya agar membuat pernikahan terasa membahagiakan?


Ilustrasi: Pixabay

Beberapa pakar pernikahan berikut memberikan trik sederhana untuk membuat pernikahan lebih sehat, indah, dan bahagia. 


Perhatikan Penampilan Diri di Depan Pasangan
Siapa bilang berdandan hanya untuk di luar rumah atau saat berangkat kerja? Di depan pasangan seharusnya kita bisa tampil jauh lebih baik lagi. Jangan malas untuk berbenah diri. Rapikan diri di depan suami. Pakailah parfum terbaik, dan busana yang menawan hati. 
Selain itu, suami juga perlu berpenampilan rapi di depan istri. Ibnu Mas’ud rahimahullah, konon sangat suka berdandan di depan istrinya. Sehingga, rumah tangga bisa jauh lebih harmonis. 

Membuat Komunikasi Lebih Indah 
Salah satu relasi penting dari pasangan suami dan istri adalah adanya komunikasi yang efektif. Jangan malu untuk membina komunikasi lebih dahulu dengan pasangan. Dengan dialog dan berbincang, kita bisa menyatukan visi dan misi rumah tangga. 

Bersahabat dan Tertawa Bersama 
Agar lebih dekat dengan pasangan, kita bisa duduk bersama untuk menonton televisi di sofa. Menghabiskan waktu untuk berbincang tentang banyak hal. Bisa tentang film, buku, atau yang lainnya. 
Saat kita bisa melakukan hal sederhana dengan pasangan kita, maka tanpa sengaja kita telah menciptakan momen yang indah. Kenangan pertama pernikahan yang bahagia. 

Beri Pujian yang Tulus 
Tidak ada salahnya memuji pasangan. Bahkan pujian tersebut bisa berefek baik untuk kesehatan pernikahan kita. Biasanya para istri kesulitan untuk mengungkapkan pujian pada suaminya. Atau terkadang sebaliknya. Untuk itu, mulailah memuji pasangan kita hari ini. Ucapan seperti, “Ayah ganteng banget pakai kemeja itu.” Bisa meluluhkan hati pasangan, dan membuat hubvngan menjadi lebih baik. 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sho K. Sugara, mengungkapkan bahwa pujian adalah salah satu hal yang membuat pasangan lebih cepat tersenyum ketimbang lainnya. 

Jangan Malu Mengungkapkan Rasa Cinta 
Mengatakan, “I love you,” adalah cara sederhana untuk mengungkapkan rasa sayang. Jangan malu untuk memberitahu pasangan, betapa kita menyayanginya. Tentu saja, tidak perlu berlebihan. Agar tidak terasa membosankan. Kita bisa mengungkapkannya saat sarapan, atau siang, dan menjelang tidur. 
Mengatakan tiga kata tadi akan lebih bermakna jika kita mengungkapkannya dengan baik dan tulus. Bukan semata karena formalitas harian. 

Ucapkan Terima Kasih 
Walaupun kecil, ungkapan, “Terima kasih,” akan membuat pasangan kita lebih bahagia. Istri mana yang tidak suka, saat suaminya menyatakan masakannya enak, dan tidak lupa mengucapkan terima kasih? Jangan mentang-mentang sudah merupakan kebiasaan, maka rasa terima kasih kita hilang. 

Mudah Memaafkan 
Wajar saja jika kita mendapati pasangan melakukan kesalahan yang mungkin akan sulit dimaafkan. Tetapi, jika tidak kunjung memberikan maaf, maka hal ini akan menjadi bom waktu yang siap memakan kebahagiaan dalam pernikahan. Buanglah rasa sakit hati ataupun dendam. Terima kebaikan dan keburukan pasangan. Toh, diri kita ini pun jauh dari sempurna, bukan? 

Memperbaiki Hubung@n dengan Allah 
Libatkan selalu Allah dalam keluarga kita. Sehingga semakin hari, kualitas diri kita semakin baik. Misalnya dengan shalat berjamaah, tilawah bersama, puasa sunah, dan lain-lain. 
Doakan selalu yang terbaik untuk keluarga, dan pasangan. Bergantung dan tawakal kepada Allah, akan membuat kita menjadi lebih ringan dan kuat menghadapi ujian. 

Ubah Diri Lebih Baik
Walaupun tidak ada manusia yang sempurna, bukan berarti kita enak-enakan dengan kebiasaan buruk yang terkadang membuat kesal pasangan. Misalnya, suka buang sampah sembarangan, bangun kesiangan dan lain-lain. Cobalah berubah untuk mendapatkan kualitas diri dan keluarga menjadi jauh lebih baik lagi. 

Dukung Pasangan 
Mendukung pasangan untuk menjadi diri sendiri, menemukan minat, dan hobi serta cita-cita terbesar hidup adalah cara terbaik untuk menyatakan rasa cinta kepadanya. Diperlukan kesabaran, keluwesan diri, dan pikiran yang positif untuk tetap mendukung pasangan menjadi diri sendiri, dan menjadi lebih baik lagi. []

10 Tips Praktis dari Pakar Agar Pernikahan Lebih Bahagia