10 Trik Jitu Menghemat Biaya Pesta Pernikahan dari Pakar

Rencanakan dengan baik. (Pixabay)
Hari bahagia yang ditunggu telah datang. Ada banyak impian ingin diwujudkan. Mulai dari dekorasi kursi mempelai, souvenir, tema, sajian, hingga gedung untuk menyelenggarakan pesta (resepsi) pernikahan. Tapi, tunggu. Budget-nya, bagaimana dong? Bisa miskin berbulan-bulan jika budget tidak dipangkas dengan pintar. 
Saat menikah dulu, saya juga mengalami hal itu. Budget sudah diperkirakan sekian, ternyata saat hari H membengkak sebesar 100 persen. Kira-kira, apa yang salah ya? Padahal hitungan sudah benar lho. Ada baiknya, anda menyimak trik hemat dan cerdas ala pakar wedding berikut ini. 


Batasi keinginanmu
Tentukan yang Paling Penting
Maksudnya, bagaimana sih? 
Begini, saat menikah kelak, pesta, resepsi, atau walimah yang anda inginkan seperti apakah? Dari semua elemen tersebut, tentu saja setidaknya ada beberapa hal yang bisa anda wujudkan. Apakah gaun yang mewah melambai-lambai? Makanan yang menggiurkan? Ataukah gedung pernikahan bergengsi? 
Menurut pakar wedding kenamaan di USA, Christopher Confero, dalam bridalguide. com, “Tentukan 3 hal yang paling penting dalam wedding day anda, apakah baju? Makanan? Gedung? Setelah itu, buatlah budget yang sesuai. Untuk pengeluaran lainnya, bisa anda tiadakan atau diminimalisasi.”


Sebaiknya tidak mengadakan standing party.
Booking Gedung Hari Jumat atau Sabtu
Sebenarnya, cara yang paling jitu adalah setelah akad, anda bisa langsung menyelenggarakan walimah di masjid. Selain biaya hemat, juga lebih syahdu. Ini bisa menghemat pengeluaran, dibandingkan mem-booking di sebuah gedung atau ruangan hotel. 
Tapi, jika walimah atau pesta pernikahan harus diselenggarakan di gedung tertentu, misalnya di hotel yang dekat dengan rumah, makanya booking-lah jauh-jauh hari sebelum wedding day. Selain itu, mem-booking gedung walimah di hari Jumat lebih murah dibandingkan akhir pekan. Kalaupun penuh, dan anda harus mengadakan pesta pada weekend, pilihlah Sabtu sore. 


EO akan membantumu menyiapkan pernikahan dengan baik. 
Menyewa EO yang Profesional dan Amanah
Siapa bilang menyewa EO (Event Organizer) bikin pengeluaran tambah membengkak? Begini, memang logika yang sering dipakai bahwa menyewa EO akan menghabiskan biaya lagi. Jadi, untuk itu tidak perlu menyewa EO. Cukuplah dari keluarga saja. 
Well, kalau bantuan keluarga sangat solid dan meyakinkan untuk menjadi EO dadakan sih oke-oke saja kok, anda menyelenggarakan pesta. Tapi, menurut pakar sebenarnya, menyewa EO bisa membuat anda menghemat hingga sekian persen. Sharon Naylor, dalam rd. com menyatakan hal tersebut. 
“Biasanya orang-orang takut menyewa EO karena dianggap menghabiskan bugdet. Padahal, dengan menyewa EO kita bisa menghemat pengeluaran. Biasanya, EO memiliki koneksi dalam penyajian dekorasi, gedung, hingga suvenir. 
Tentukan EO terdekat dengan track record yang baik, amanah, dan profesional. Anda bisa bertanya pada teman kepercayaan. Sehingga anda bisa menghemat waktu, uang, sekaligus tenaga. 

Dekorasi dan Bunga 
Pilihlah bunga yang awet seperti sedap malam, mawar, ataupun anyelir. Padukan dengan bebungaan buatan, atau dengan tanaman hijau yang segar. 
Daripada meletakkan bebungaan pada dekorasi sepanjang ruang resepsi, lebih baik fokuskan pada tempat tertentu yang kira-kira menjadi pusat para tamu. Bisa di meja makan, dekorasi mempelai, ataupun pada tiang-tiang tertentu. 
Selain itu, anda bisa juga menyematkan bunga pada keluarga. Pada baju ayah, ibu, adik, sepupu, keponakan, dan lain-lain. Dengan ini, ruangan masih tampak berbunga-bunga, dengan pengeluaran yang sedikit. 


Penyajian seefood pun bisa jadi pilihan. 
Sajian Hidangan yang Unik dan Menarik
Tahukah anda jika orang memakan dengan ‘matanya’ dahulu? Presentasi sajian prasmanan yang indah dan unik akan membuat anda bisa menghemat hingga sekian rupiah. Bagaimana caranya? Pakailah potongan kecil, dan cantik akan membuat hidangan anda lebih berkelas sekaligus hemat. 
Selain itu, menggunakan piring-piring dengan ornamen unik, dan penuh warna membuat para tamu lebih bergairah saat menyambangi meja prasmanan. 

Suvenir Tradisional dan Bermanfaat 
Pilihlah suvenir dari pembuat atau crafter-nya secara langsung. Memesan suvenir jauh-jauh hari akan membuat biayanya lebih murah dibandingkan harus berbelanja di toko-toko kerajinan. Hal ini akan menghemat pengeluaran anda. 
Anda bisa memesan dari para crafter yang kini sudah marak di internet. Pilih yang memiliki riwayat paling bagus dan profesional. Memilih suvenir berbentuk buku, bantal, mug, mangkok, ataupun sesuatu yang fungsional lebih disarankan. 

Fotografi
Untuk memilih fotografi dengan kualitas baik, dan biaya hemat, anda bisa saja menghubungi EO ataupun teman kepercayaan. Saat ini banyak fotografer lepas yang bisa disewa dengan biaya hemat namun memiliki kualitas tinggi. 
Anda juga bisa bergabung di grup-grup fotografi di facebook, untuk mendapatkannya. 


Pilih gaun yang tidak melebihi anggaranmu.
Gaun Pengantin
Menyewa gaun pengantin di salon kepercayaan memang lebih disarankan ketimbang membuat gaun secara custom. Pengeluaran anda pun akan lebih hemat dan bisa digunakan untuk kepentingan lainnya. 
Seringkali, pengantin ingin mendesain baju pernikahannya secara khusus. Sebenarnya, boleh-boleh saja kalau anda memiliki biaya lebih.

Menyewa Grup Rebana Ketimbang Grup Band 
Cara cerdas dan lebih religius adalah menyewa grup rebana ketimbang grup band. Disamping, aura yang dimiliki lebih islami dan meriah, anda tentu bisa lebih menghemat biaya. Biasanya setiap daerah memiliki grup rebana tertentu yang bisa di-hire untuk pesta pernikahan. 

Menyewa Koki 
Menyewa koki lebih disarankan daripada memesan kue pada sebuah catering. Beberapa koki yang handal bisa disewa untuk beberapa hari di rumah anda hingga pesta pernikahan selesai. Tentu saja koki-koki ini akan sangat membantu anda menyiapkan sajian walimah atau wedding lebih baik, dengan kualitas tinggi namun hemat biaya. []

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Checklist dan Tips Persiapan Pernikahan Sederhana dan Islami

Broken Home Children: Benarkah Bermasalah di Masa Depan?

Kenali 6 Agenda Perawatan Kecantikan Pra Nikah Ini, Agar Kamu Tampil Cetar di Hari Pernikahan